Harus Kerja Keras Lebih Mengagumkan Lagi

Saya gerah, gerah sekali melihat begitu lekatnya negara kita dengan korupsi. Korupsi seperti sudah menjadi bagian dalam kehidupan keseharian. Ya, selain kasus-kasus korupsi besar yang tengah dikerjakan dan diselidiki saat ini, betapa banyaknya kebiasaan dalam keseharian yang mengandung sikap korupsi.

Lihat saja dalam pengurusan surat apapun yang berhubungan dengan aparat pemerintahan. Masih saja saya sering mendengar dikenakan pungutan-pungutan dan semacamnya yang tidak resmi.

Maka, andaikan saja saya menjadi ketua KPK, insyaAllah saya akan menjalankan tugas-tugas yang diberikan sejalan dengan visi dan misi KPK.

Visi KPK 2011-2015:
“Menjadi lembaga penggerak pemberantasan korupsi yang berintegritas, efektif, dan efisien”.

Misi KPK adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK;
  2. Melakukan supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK;
  3. Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap TPK;
  4. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan TPK;
  5. Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara

Ya, saya akan bertindak sesuai dengan misi KPK tersebut. Tindakan-tindakan saya antara lain:

1. Menyelesaikan kasus-kasus korupsi yang belum terselesaikan.

Case Closed

Case Closed

Seperti kasus korupsi simulator SIM, kasus korupsi wisma atlet yang melibatkan Angelina Sondakh, dan kasus-kasus besar lainnya. Lebih tegas lagi dengan segala peraturannya agar semua kasus terselesaikan secepatnya dan tidak terbengkalai terlalu lama sehingga dilupakan. Hal ini termasuk ke dalam misi KPK pertama, kedua, dan ketiga.

2. Meminta presiden yang nanti terpilih untuk mengganti seluruh jajaran kabinet yang dipimpinnya dengan orang-orang yang sama sekali tidak atau belum pernah terkena kasus korupsi.

Kabinet

Kabinet

Memang ketua KPK tidak berhak untuk menentukan siapa-siapa saja  yang berhak menduduki jajaran pemerintahan. Namun, dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, saya akan berusaha sekuat tenaga dan dengan segala upaya untuk merealisasikannya, salah satunya dengan menyarankan kepada presiden langsung.

Dan, mudah-mudahan presiden tersebut satu hati dengan saya sehingga pemerintahan yang bersih dan tegas dapat segera diciptakan. Kunci dari masyarakat yang bebas korupsi adalah pemerintahan yang bebas korupsi. Lingkaran setan korupsi harus diputus mulai dari pihak yang berwenang.

Dalam hal ini saya menyarankan agar Presiden dapat mencontoh kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz yang pada kepemimpinannya mengatasi korupsi dengan mengubah seluruh jajaran pemerintahannya. Dengan begitu, dalam 2 tahun kepemimpinannya, rakyatnya terbebas dari korupsi serta kemiskinan. Ya, dengan kata lain, korupsi juga dapat menyebabkan kemiskinan. Karena itulah korupsi harus segera ditangain dan dimusnahkan.

Jajaran pemerintahan tersebut juga harus mau merepotkan diri mengawasi secara langsung dengan melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke jajaran pemerintahan di bawahnya. Tidak hanya mendengar laporan yang bisa dipalsukan, melainkan terjun langsung melihat realitas. Hal ini termasuk ke dalam misi KPK kelima mengenai monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

3. Melindungi masyarakat yang tegas terhadap petugas pemerintahan yang memungut uang bayaran lebih dengan alasan pengurusan administrasi yang lebih cepat.

Pungutan

Pungutan

Kita dapat menghimbau agar masyarakat dapat lebih tegas lagi dengan petugas2 pemerintahan. Apabila dimintai bayaran yang tidak termasuk ke dalam pungutan resmi, haruslah diabaikan. Hal tersebutlah yang membuat korupsi makin menjamur dan menjadi kebiasaan yang dimaklumi.

Saya punya pengalaman mengurus surat-menyurat seperti itu yang dimintai pungutan dengan alasan administrasi. Saat itu saya sudah mengecek bahwa hal yang saya urus tersebut seharusnya tidak membutuhkan biaya sama sekali. Maka ketika saya tanya apakah itu pungutan resmi atau bukan, petugas tersebut gugup dan tidak menjawab. Akhirnya saya tidak memberikan apa yang diminta dan langsung keluar begitu urusan sudah selesai.

Ada yang bilang anggap saja sebagai uang jasa. Tidak, saya tidak mentolerir sikap seperti itu. Sudah seharusnyalah petugas tersebut mengurus segala keperluan surat pemerintahan. Dan, petugas tersebut memang digaji untuk tugas itu. Jadi, tidak ada alasan apapun untuk memberikan uang lebih kepadanya demi alasan apapun ~apalagi alasan lebih cepatnya pengurusan surat tersebut 😦

4. Memperbanyak penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat atas bahayanya korupsi. 

Penyuluhan

Penyuluhan

Dengan penyuluhan-penyuluhan tersebut, diharapkan masyarakat semakin menyadari akan bahayanya korupsi baik yang besar maupun yang kecil. Dari korupsi kecillah lahir korupsi yang lebih besar dan merugikan negara. Kegiatan penyuluhan seperti ini masuk ke dalam misi KPK yang keempat, yaitu melakukan pencegahan TPK.

5. Membuat program pemantauan sekolah-sekolah dan penyuluhan kepada murid-murid sekolah.

Anti-korupsi

Anti-korupsi

Bukan korupsi yang dipantau, melainkan kelakuan buruk seperti mencontek, mengambil uang bayaran/ gedung, dan kegiatan lain yang tidak jujur. Ya, dari sikap-sikap seperti itulah melahirkan sikap korupsi di masa depannya.

Dengan kegiatan pemantauan dan penyuluhan kepada murid-murid sekolah diharapkan akan tercipta generasi yang bersih dan selalu bersikap jujur dalam bermasyarakat. Tindakan seperti ini juga termasuk ke dalam misi KPK keempat.

6. Membuat penyuluhan kepada setiap kepala keluarga untuk selalu mengajarkan kejujuran dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan bermasyarakat.

Ya, karena dari lingkungan keluargalah sikap seseorang dibentuk. Lingkungan terkecil ini menjadi titik awal dalam berperilaku di masyarakat. Lagi-lagi ini merupakan tindakan pencegahan yang mengacu kepada misi KPK keempat.

Kenapa saya lebih banyak memikirkan tindakan pencegahan? Karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Saat ini, Indonesia sedang butuh diobati dalam hal korupsi. Namun, selain mengobati kenapa tidak untuk melakukan tindakan pencegahan juga? Demi menciptakan masa depan yang lebih baik, diawali dari menciptakan generasi yang lebih baik pula 😀

Dan, 6 hal tersebut bukanlah hal  yang mudah dilakukan. Sulit, ya akan sangat sulit sekali mengurusi begitu banyak kasus korupsi dan pencegahannya. Sulit bukan berarti tidak bisa. Akan membutuhkan tekad yang teguh serta kerja keras yang mengagumkan untuk menghasilkan Indonesia yang bersih dari korupsi.

Tapi, tidak ada hasil yang megagumkan tanpa kerja keras yang mengagumkan juga bukan?

Lomba Blog KPK

3 thoughts on “Harus Kerja Keras Lebih Mengagumkan Lagi

  1. Pingback: Beberapa Lomba Blog yang Saya Ikuti | momopururu

  2. Pingback: Kenapa Perbaikan Jalur Pantura Tidak Pernah Selesai? | momopururu

Your comment please.. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s