Tarif Melahirkan

Total Biaya Melahirkan

Total Biaya Melahirkan

Sebelum melahirkan, mungkin 3 atau 4 bulan sebelum melahirkan, saya sempat galau akan pilihan rumah sakit tempat saya nantinya melahirkan. Sempat periksa ke rumah sakit Harapan Bunda ~di pasar rebo~, ke rumah sakit Bunda Margonda, dan pilihan akhirnya jatuh pada rumah sakit JMC.

Sewaktu saya mendengar saudara sepupu melahirkan di rumah sakit JMC ~awal masa kehamilan~, saya pikir “wah, mahal tuh pasti biayanya” soalnya saya lihat dari penampakan luar rumah sakitnya terkesan mewah. Maka dari itu dari awal periksa kehamilan, saya ~dan suami sih~ gak berani periksa di situ :P

Tapi, begitu dikasih tau sama sepupu kalo ternyata murah, kita berniat juga di situ dan setelah survey ternyata bener murah, akhirnya milih di JMC deh :D

~tentang galaunya saya memilih rumah sakit pernah saya ceritakan di sini dan sini, hehe

Nah, pas ke sana, kita dikasih daftar tarif melahirkan di sana. Lumayan lengkap informasinya, soalnya ada daftar dari lahiran normal sampai lahiran caesar dari kelas III sampai kelas suite room.

Saya tadinya mau normal, jadi saya benar2 mengacu pada daftar tarif yang ini:

Daftar Tarif Melahirkan Normal

Daftar Tarif Melahirkan Normal

Ini daftar tarif normal dengan tindakan ~maksudnya induksi~:

Daftar Tarif Melahirkan dengan Induksi

Daftar Tarif Melahirkan dengan Induksi

Nah, terus ada lagi untuk meminimalisir kesakitan, pake ILA (dibius), tarifnya segini:

Daftar Tarif Melahirkan dengan ILA

Daftar Tarif Melahirkan dengan ILA

Yang gak saya liat itu tarif caesar, padahal akhirnya saya harus caesar. Daftar tarifnya itu:

Daftar Tarif Melahirkan Caesar

Daftar Tarif Melahirkan Caesar

Dengan tarif yang lumayan itu, saya memutuskan pengen di kelas utama ~karena saya gak punya indikasi gimana2, jadi saya PD banget bisa normal~. Tapi, dengan kelahiran yang lebih awal, pas suami mau pesen kelas utama, udah gak ada, penuh semua, akhirnya ada yang kosong di kelas II. Dan, ternyata saya juga harus caesar, jadi sedikit lega juga adanya yang kelas II bukan yang kelas utama :P

Daftar tarif itu belum termasuk Alkes n obat-obatan, jadi begitu pulang, pasti nanti ada Β biaya tambahan lagi, mungkin sekitar 1-2 juta biaya tambahan untuk obat2an dsb.

Dibandingkan tarif Bunda Margonda, tarif JMC ini jauuh lebih murah. Waktu itu pernah minta ke rs. Bunda Margonda dan dikasih lembaran daftar tarifnya.

Daftar Tarif Melahirkan Bunda Margonda

Daftar Tarif Melahirkan Bunda Margonda

Dan, dengan tarif yang murah itu, kualitas dan fasilitas rumah sakit JMC hampir sama dengan rs. Bunda Margonda. Bahkan, dengan fasilitas yang lebih bagus, JMC masih lebih murah dari rs. Harapan Bunda.

Bukti JMC lebih murah dari Harapan Bunda adalah, saya melahirkan dengan caesar dan di kelas II dengan biaya akhir 10jutaan. Nah, teman saya cerita dia lahiran secara caesar dan di kelas II juga di rs. Harapan Bunda dengan biaya akhir 15 jutaan, lumayan kan bedanya? hehe

Jadi, saya bener2 gak nyesel akhirnya melahirkan di rs JMC :D

~jadi kaya iklan rumah sakit JMC dah :P