Penyebab Ketuban Hijau Keruh

Berhubung waktu itu saya jadinya operasi caesar karena air ketuban saya yang sudah berwarna hijau keruh, saya jadi penasaran kenapa air ketubannya bisa berwarna seperti itu.

Awal saya cari tau, suami saya yang bertanya ke dokter kandungan saya apa yang jadi penyebab air ketuban jadi seperti itu. Dokternya jawab itu karena si bayi sudah pup di dalam perut saya. Dan kenapa si bayi sudah pup itu karena si bayi sudah stress selama masa persalinan.

Nah, ada 1 lagi yang bikin saya penasaran. Kenapa si bayi bisa sampai stress. Tapi pertanyaan suami saya berhenti sampai kenapa si bayi bisa pup di dalam itu. Alhasil kenapa si bayi sampai stress gak terjawab.

Banyak asumsi yang menyatakan kalau si bayi stress karena si ibu stress. Tadinya saya juga akhirnya jadi mikir begitu, bayi dalam kandungan saya stress karena sayanya stress.

Nah, tapi saya bingung. Saya merasa saya baik-baik aja selama kehamilan. Gak ada hal yang membuat saya stress. Hum, ada sih tapi begitu masuk bulan ke 8 udah gak ada lagi hal yang bisa membuat saya stress.

Tapi, kebetulan saya punya kakak yang sudah lama banget bekerja sebagai perawat di RS. Hermina. Saya jadi mau tanya-tanya lebih jelas sama dia.

Jadi begitu saya sampai di priuk dan punya kesempatan untuk ngobrol panjang lebar dengan kakak saya, saya tanya dan minta penjelasan lengkap deh kenapa si bayi bisa stress dan pup di dalam.

Dan dia bilang si bayi itu stress karena dia sudah terlalu lama mencari jalan untuk segera keluar. Untuk menuju ke pembukaan selanjutnya juga sudah terlalu lama.

Tapi dari penjelasan itu saya jadi bingung lagi. Kan saya merasa kontraksinya baru dari jam 4.20 senin paginya dan sudah 10 menit sekali. Nah, kata dia mungkin kontraksinya sudah lama tapi saya yang gak ngerasa itu kontraksi.

Hum, setelah saya pikir betul juga sih. Dari hari minggu pagi perut saya memang sudah terasa kencang tapinya saya yang gak ngerasa kalau itu kontraksi. ~Namanya juga baru pertama kali hamil dan baru pertama kali ngerasain apa itu kontraksi :P

Sebenarnya sebagian besar penyebab kenapa air ketuban bisa berwarna hijau keruh itu karena usia kandungan yang terlalu lama (lebih dari 40 minggu). Tapi dalam kasus saya, dimana kandungan saya baru berusia 37 minggu, pastinya bukan karena usia kandungan yang lama kan, hehe.

Akhirnya jelas kenapa air ketuban bisa berwarna hijau keruh dalam kasus saya.

Jadi karena si bayi sudah mencari jalan keluar tapi terlalu lama pertambahan pembukaannya akhirnya si bayi jadi stress. Karena si bayi jadi stress, akhirnya dia pup di dalam. Nah, pupnya itulah yang membuat air ketuban jadi hijau keruh.

Kalau diurutkan langkahnya jadi seperti ini:

~ Bayi terlalu lama mencari jalan keluar -> bayi stress pada masa persalinan -> pup di dalam -> ketuban hijau keruh.

Yak, begitulah. Akhirnya rasa penasaran saya terpenuhi juga :D

26 thoughts on “Penyebab Ketuban Hijau Keruh

  1. lam kenal,kalo saya sudah streess n feeling juga, tapi suami gk mau dengerin saya yg meminta untuk operasi,,,,anakku bertahan 4 hari pas hari ulang tahunku…

  2. Pingback: Pantaskah Kita Mencintai Ibu? | momopururu

  3. thx infonya, sya jg mengalami hal sperti itu, anak sya jg hanya berthan 2hri, kata dkter bisa krna bayi pup ddlm, atau karna ad infeksi sileng dri ibunya,, tp slma pemeriksaan tdk ada msalah apapun dgn sya,,

  4. Saat saya melahirkan anak pertama , air ketubannya berwarna hijau, kata dokter kemungkinan disebabkan saat saya hamil sya mengkonsumsi jamu, alhamdulillah anak saya saat ini sehat walafiat dan sekarang sudah kelas enam sd.

    • Hoo, mengkonsumsi jamu salah satu penyebab juga ya. Alhamdulillaah, selama ini gak ada masalah kesehatan ya mba anaknya? ~yang diakibatkan ketuban hijau itu~
      Terus dulu lahiran caesar atau normal? hehe, jadi saya yang nanya2, terima kasih yaa :)

  5. saat ini tetangga saya barusan melahirkan anak ke 3, mungkin kasusnya sama krn bayi stress krn terlalu lama proses persalinan, dan jg pup di dalam jd air ketuban keruh,, tp selang 1 hr si bayi tubuhnya membiru dan diberikan oksigen oleh perawat,, trus sekarang badannya jd anget,, apa kah itu memang efek dari semua itu ya..??? dulu waktu hbs lahiran kondisi anak mbak gimana??

    • kata dokternya kalo ketubannya udah terlanjur tertelan sama bayi ya harus diambil tindakan, saya gak nanya sih efek ketubannya tertelan bayi itu apa, mungkin banget sih yang dialami tetangga mba itu efek ini.

      waktu itu Alhamdulillah kondisi anak saya sehat wal afiat, soalnya suami langsung memutuskan biar saya dioperasi saja karena ngeliat ketubannya begitu, jadi belum sempat tertelan sama bayi. sempat kuning sih, tapi itu masalah karena kurang dijemur aja, gak berhubungan sama ketuban hijau.

      walaupun pas lahir anak saya juga masih lemah jadi gak sempat IMD, tapi Alhamdulillahnya lagi ASI saya lancar jadi begitu digabung dia nenen banyak banget, mungkin itu membantu memulihkan keadaannya.

  6. saya juga mengalami yang sama,jadi bayi saya ngk nangis waktu lahir..skrang umurny dah 4 bulan tapi belum juga menangis,daya reflek ny jg lemah

  7. saya juga ngalamin hal yg sama pada persalinan pertama, air ketuban hijau keruh trus terminum dan air ketubannya udah sampe ke jantung. akhirnya jantung gak bisa mempompa dengan biak. Umur anak saya cuma sampe 4 hari aja..
    kata dokter selain si baby pup didalam bisa juga dari faktor makanan.

  8. terima kasih atas informasinya ya Mba, semua terjawab sudah. Akhirnya saya ngga penasaran lagi, tetapi sangat disayangkan anak saya meninggal ketika lahir akibat hal ini.. :(
    untuk yang lain mohon sangat diperhatikan ya, ini sangat membahayakan bagi bayi kita.

    thanks..

  9. tq infonya, kebetulan hal seperti itu yg istri saya alami yaitu air ketubanyg keluar berwarna hijau agak kental dalam persaalinan, terjawab sudah mengapa air ketuban bisa berubah warna

Your comment please.. :D

